Open top menu
Wednesday 3 April 2013



PROGRAM STUDI SARJANA ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BINA PUTERA BANJAR
Skripsi,  Oktober 2012
ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH KELUARGA DENGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KENANGA INDAH
KOTA BANJAR

(i-xv, Bab I-V, Halaman 1-62, 5 Tabel, 2 Bagan, 9 Lampiran)
Usia prasekolah adalah usia yang rentan bagi anak. Dimana pada usia ini anak mempunyai sifat imitasi atau meniru terhadap apapun yang telah dilihatnya. Pada usia 3 sampai 6 tahun, kepribadian anak berkembang pesat di segala jenis bagian. Semua perilaku serta kepribadian orangtua yang baik ataupun tidak ditiru oleh anak. Anak tidak mengetahui apakah yang telah dilakukannya baik atau tidak.
Hasil studi pendahuluan diketahui, bahwa anak-anaknya tidak mau mengikuti proses belajar mengajar kalau tidak ditunggu oleh orang tuanya, hampir setiap waktu orangtua selalu berada disamping anaknya, sehingga orangtua mengetahui dengan jelas bagaimana proses perkembangan kepribadian anaknya. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh keluarga dengan kepribadian anak usia prasekolah di PAUD Kenanga Indah Kota Banjar.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan survey dengan rancangan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang mempunyai anak usia prasekolah (3-6 tahun) di PAUD Kenanga Indah Kota Banjar dengan jumlah 56 responden.
Hasil analisa univariat menunjukkan pola asuh keluarga yang diterapkan mayoritas pola asuh demokrasi, yaitu sebanyak 24 orang atau sebesar 42,9% dan mayoritas mempunyai kepribadian ekstrovert, yaitu sebanyak 31 orang atau 55,4%. Berdasarkan analisa bivariat menunjukkan ada hubungan antara pola asuh keluarga dengan kepribadian anak usia prasekolah di PAUD Kenanga Indah Kota Banjar dengan  ρvalue 0,041 lebih kecil dari α 0,05.
Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini sama dengan pendapat yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat (dalam Riyanto, 2002) bahwa bentuk-bentuk pola asuh keluarga sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak. Dengan demikian disarankan untuk para orang tua hendaklah menyadari bahwa keluarga merupakan lembaga pertama dalam kehidupan anak, tempat ia belajar dan menyatakan diri sebagai makhluk sosial dan mencetak kepribadian anak sebaik mungkin sejak dini.
Kata Kunci          : Pola Asuh Keluarga dan Kepribadian
Daftar Pustaka    : 29 buku (2002-2011)

Silahkan klik disini untuk mengunduh file lengkapnya


Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

3 comments: