Open top menu
Tuesday 2 April 2013



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat  Allah SWT yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan. Shalawat serta salam mudah-mudahan senantiasa tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW serta para pengikutnya yang setia menemani hingga akhir zaman.
Karya tulis ilmiah yang diberi judul “Upaya Pencegahan Narkoba di Kalangan Remaja” ini merupakan sebuah karya tulis yang terbentuk dari hasil kerja sama kelompok dimana tugas ini merupakan aspek penilaian mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penulis menyadari bahwa tugas karya tulis ilmiah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan untuk kemajuan masa-masa mendatang.
Harapan penulis semoga tugas karya tulis ilmiah ini dapat diambil manfaaatnya oleh pembaca.



Banjar,    April 2013
Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang 
1.2  Rumusan Masalah 
1.3  Tujuan Penulisan 
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1  Hubungan Generasi Muda dan Narkoba 
2.2  Narkoba 
2.3  Zat Adiktif Lainnya 
BAB III PEMBAHASAN
3.1  Pengertian Narkoba 
3.2  Jenis Narkoba 
3.3  Dampak Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Remaja 
3.4  Upaya Pencegahan Narkoba di Kalangan Remaja 
BAB IV PENUTUP
4.1  Kesimpulan
4.2  Saran 
DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Masa remaja adalah masa transisi, dimana pada masa masa seperti ini sering terjadi ketidakstabilan baik itu emosi maupun kejiwaan. Pada masa transisi ini juga remaja sedang mencari jati diri sebagai seorang remaja. Namun sering kali dalam pencarian jati diri ini remaja cendrung salah dalam bergaul sehingga banyak melakukan hal yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masayarakat. Seperti perkelahian dan minum-minuman keras, pencurian, perampokan, perusakan/pembakaran, seks bebas bahkan narkoba. Perilaku menyimpang remaja tersebut dapat dikatakan sebagai kenakalan remaja.
Tumbuh kembang remaja pada zaman sekarang sudah tidak bisa lagi dibanggakan. Perilaku kenakalan remaja saat ini sulit diatasi. Baru-baru ini sering kita dengar berita ditelevisi maupun di radio yang disebabkan oleh kenakalan remaja diantaranya kebiasaan merokok, tawuran , pemerkosaan yang dilakukan oleh pelajar SMA , pemakain narkoba dan lain-lain.
Di kalangan remaja, sangat banyak kasus tentang penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan hasil survei Badan Narkoba Nasional (BNN) Tahun 2005 terhadap 13.710 responden di kalangan pelajar dan mahasiswa menunjukkan penyalahgunaan narkoba usia termuda 7 tahun dan rata-rata pada usia 10 tahun. Survai dari BNN ini memperkuat hasil penelitian Prof. Dr. Dadang Hawari pada tahun 1991 yang menyatakan bahwa 97% pemakai narkoba yang ada selama tahun 2005, 28% pelakunya adalah remaja usia 17-24 tahun.
Hasil survei membuktikan bahwa mereka yang beresiko terjerumus dalam masalah narkoba adalah anak yang terlahir dari keluarga yang memiliki sejarah kekerasan dalam rumah tangga, dibesarkan dari keluarga yang broken home atau memiliki masalah perceraian, sedang stres atau depresi, memiliki pribadi yang tidak stabil atau mudah terpengaruh, merasa tidak memiliki teman atau salah dalam pergaulan. Dengan alasan tadi maka perlu pembekalan bagi para orang tua agar mereka dapat turut serta mencegah anaknya terlibat penyalahgunaan narkoba. Kehidupan remaja pada masa kini mulai memprihatinkan.
Dalam kurun waktu dua dasa warsa terakhir ini Indonesia telah menjadi salah satu negara yang dijadikan pasar utama dari jaringan sindikat peredaran narkotika yang berdimensi internasional untuk tujuan-tujuan komersial.3 Untuk jaringan peredaran narkotika di negara-negara Asia, Indonesia diperhitungakan sebagai pasar (market-state) yang paling prospektif secara komersial bagi sindikat internasioanl yang beroperasi di negara-negara sedang berkembang.
Remaja yang seharusnya menjadi kader-kader penerus bangsa kini tidak bisa lagi menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka cenderung merosot.melihat latar belakang diatas maka kami mengangkat judul Makalah Kenakalan remaja (tentang Narkoba) yang terfokus pada pengetahuan tentang narkoba dan akibatnyan bagi remaja.

1.2    Rumusan Masalah
1           .      Apa Pengertian atau definisi Narkoba?
2           .      Apa saja jenis-jenis narkoba itu?
3           .      Apa dampak atau bahaya narkoba terhadap remaja?
4           .      Bagaimana Upaya pencegahan narkoba di kalangan remaja?

1.3    Tujuan Penulisan
1           .      Memahami pengertian narkoba
2           .      Lebih mengatahui jenis-jenis narkoba
3           .      Mencari tahu apa dampak atau bahaya narkoba terhadap remaja
4           .      Lebih mengetahui cara pencegahan narkoba di kalangan remaja

       Download file lengkapnya disini
Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

2 comments: