Open top menu
Wednesday 3 April 2013

Secara administratif kewilayahan dan pemerintahan Kota Banjar belum terbilang lama, baru seumur jagung, tetapi dalam peta sejarah kebudayaan Tatar Sunda, kota Banjar telah terbilang lama dikenal dan dikenang orang. Berikut merupakan makalah yang penulis buat :


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang 
B.     Rumusan Malasahan
C.     Maksud dan Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
            A.    Letak dan Luas Wilayah Kota Banjar
            B.     Sejarah Kota Banjar 
            C.     Arti Lambang/ Logo Kota Banjar
            D.    Visi dan Misi 
            E.     Ekonomi
            F.      Pemerintah Kota Banjar
            G.    Kependudukan 
            H.    Wilayah 
             I.       Akomodasi/Pariwisata
             J.       Banjar dalam Sejarah Kenangan 
BAB III PENUTUP
          A.    Kesimpulan 
          B.     Saran 
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Secara administratif kewilayahan dan pemerintahan Kota Banjar belum terbilang lama, baru seumur jagung, tetapi dalam peta sejarah kebudayaan Tatar Sunda, kota Banjar telah terbilang lama dikenal dan dikenang orang.
Pada awal tahuh 50-an , suatu waktu di satu rumah di daerah Cimenyan dekat “pudunan viaduct”, saya mendengar seorang sesepuh berbincang dengan ayahanda, tentang “Sarsilah Banjar dan Sungai Citanduy” serta beberapa tempat yang dialirinya. Alur cerita dan beberapa pemaknaannya masih ada yang saya ingat. Pada kesempatan sekarang izinkanlah saya memaparkan sedikit tentang yang dibincangkan sesepuh tadi. Dengan harapan pada akhirnya dari esensi yang terkandung dalam cerita ini berkemungkinan untuk dijadikan acuan dan dikaitkan dengan kegiatan kita pada saat ini yaitu “menata ruang dan lingkungan hidup yang humanis harmonis dan religius”.
Menurut kamus Bahasa Kawi-Indonesia, banjar = lingkungan, baris > ber-banjar = berbaris rapih arah ke belakang.
Menurut kamus Istilah Karawitan Sunda, banjar = berurutan dengan teratur > banjar nada = tinggi-rendahnya nada yang berurutan dengan teratur. Menurut kamus Basa Sunda, banjar = barang, pakarangan.
Dengan memaknai baik secara kosa kata (etimologi) maupun perlambangan (heurmanetika), ternyata kata Banjar mengandung makna yang sangat positif, yaitu “tempat yang lingkungannya tertata rapi dari sejak dayeuh sampai ke pelosoknya”.
Maka kini pekerjaan kitalah untuk menata kota Banjar sehingga menjadi lingkungan yang rapi, teratur tidak kumuh dan tidak rujit. Kalau keadaannya tidak demikian, maka namanya bukan Banjar lagi. Bukankah kata para ahli “kalemesan budi” sering berujar bahwa setiap “asma harus terwujud dalam af’alnya ” dan itu bisa diartikan bahwa sesuatu “nama” harus tampak dalam fungsi dan realitas aktualnya, aplikatifnya.
Nama lain untuk kota Banjar pada masa yang lampau adalah Banjar Patroman. Menurut kajian etimologi, patroman berasal dari kata pataruman < pa-tarum-an = tarum adalah sejenis pohon perdu yang tumbuh di tepi sungai (a.l. Sungai Citarum), daunnya digunakan untuk bahan pencelup kain supaya berwarna biru tua (indigo). Bila diartikan demikian apakah secara fisik di kota Banjar dahulu pernah ada tempat mencelup kain dengan menggunakan daun tarum (Pataruman > patroman). Hal ini perlu ditelusuri keberadaannya. Seandainya bisa dikaji oleh para ahli, berkemungkinan nanti di sekitar kota Banjar akan menjadi salah satu sentra “industri kain” dengan warna-warna khas “banjar-patromanan (gradasi warna hijau sampai biru tua, hejo tarum)”, bukankah Ciamis/Galuh pernah terkenal dengan batik khas Ciamisan yang pernah berjaya pada masanya. (N.B tentu harus industri yang ramah lingkungan)

B.     Rumusan Malasahan
Adapun rumusan masalah yang dapat penulis tarik dalam makalah ini adalah mengetahui secara rinci tentang sejarah Kota Banjar.

C.    Maksud dan Tujuan Penulisan
      1.      Untuk mengetahui tentang letak dan luas wilayah Kota Banjar
      2.      Untuk mengetahui tentang sejarah Kota Banjar
      3.      Untuk mengetahui arti lambang Kota Banjar
      4.      Mengetahui Visi dan Misi Kota Banjar
      5.      Untuk mengetahui perekonomian di Kota Banjar
      6.      Untuk mengetahui susunan pemerintahan DPRD Kota Banjar
      7.      Untuk mengetahui kependudukan Kota Banjar
      8.      Untuk mengetahui luas wilayah Kota Banjar
      9.      Untuk mengetahui pariwisata yang ada di Kota Banjar
      10.  Untuk mengetahui Banjar dalam Sejarah Kenangan


Silahkan klik disini untuk mengunduh file lengkapnya.

Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 comments