Dewasa ini perkembangan internet berkembang begitu pesat. Namun sayangnya belum sepenuhnya pengguna internet (terutama di Indonesia) memanfaatkan internet untuk keperluan Bisnis (emang ada ya hubungannya internet dengan Bisnis??). langsung ataupun tidak langsung internet dapat dijadikan media oleh setiap pelaku dunia bisnis dalam mengembangkan karirnya. Banyak kok cara yang dapat dilakukan untuk terjun ke dunia bisnis internet. Salah satu yang banyak dilakukan dalam dunia bisnis internet adalah BISNIS ONLINE.
Bisnis online merupakan kegiatan berbisnis yang menggunakan internet sebagai media dalam berbisnisnya. Ringkasnya sih kegiatan bisnis online itu merupakan pengalihan bisnis dunia nyata ke dunia maya (tapi hasilnya tetep nyata!!). kelebihan dari bisnis online yang dilakukan adalah setiap pelaku bisnis tidak perlu sesering mungkin untuk bertatap muka dengan Obyek yang dituju, mereka hanya duduk di depan Komputer / Laptop guna melakukan kegiatan bisnis mereka (lebih menyenangkan bukan?). tapi sayangnya tidak semua orang mau melakukan Bisnis Online, biasanya karena mereka lebih percaya dengan kegiatan bisnis di dunia nyata (walaupun hasilnya juga nyata kalau bisnis di dunia nyata itu lebih capek. Hehehe..).
Ada beberapa media di internet yang bisa kita gunakan untuk melakukan bisnis online. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Blog. Blog merupakan tempat dimana setiap orang bisa menyimpan apa saja ( tentunya berbentuk teks dan atau gambar). Saat ini sudah banyak blog yang bisa dikembangkan tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis (malah bisa dapet biaya kalo kita berbisnis. hehehe..). Para pelaku bisnis online biasanya memanfaatkan blog untuk menempatkan berbagai macam produk atau jasa yang mereka jual. Dan ketika ada yang tertarik dengan barang atau jasa yang dipajang, maka mereka akan menghubungi pemilik blog atau contact person yang disediakan. Simple bukan?
Tidak perlu khawatir Jika kita belum bisa atau bahkan belum mengerti bagaimana cara memanfaatkan blog sebagai media dalam berbisnis. Karena sekarang ini sudah bermunculan Sekolah Blog yang berkembang guna membantu mereka yang berminat mengembangkan blog sebagai media dalam berbisnis. Salah satu sekolah blog yang bisa dijadikan referensi adalah Sekolah Blog yang dikembangkan oleh Asta Media Group yang dikembangkan oleh Asri Tadda (Praktisi Internet Marketing).
Media internet lain yang bisa kita gunakan untuk melakukan bisnis online adalah jejaring social. Saat ini kebanyakan pengguna internet memiliki jejaring social baik facebook, twitter, ataupun jejaring sosial lainnya. Akan tetapi tidak banyak dari mereka yang memanfaatkan jejaring sosial sebagai media dalam melakukan bisnis online. Sebenarnya jejaring sosial mempunyai potensi yang tinggi dalam mengembangkan bisnis online, terlebih lagi jika kita memiliki jaringan yang luas dalam jejaring sosial tersebut. Tinggal pinter-pinter nya pelaku bisnis saja dalam memanfaatkannya.
Masih ragu dengan aktifitas bisnis online?, silahkan tunggu sampai orang-orang yang anda kenal mendapatkan penghasilan yang nyata dari kegiatan internet marketing. Sementara anda, masih berada dalam tanda tanya besar mengenai internet marketing dan bisnis online.
Posted by: Edi Setiawan